Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Haul Abah Guru Sekumpul Tiga Bulan lagi, Bantuan Sudah Berdatangan

- Apahabar.com Kamis, 13 Desember 2018 - 19:00 WIB

Haul Abah Guru Sekumpul Tiga Bulan lagi, Bantuan  Sudah Berdatangan

MENGGUNUNG - Kayu bakar bantuan dari masyarakat Margasari Tapin dan Pengaron Banjar, terlihat menggunung di Dapur Umum Haul Abah Guru Sekumpul, Gang Taufiq Martapura. Foto-apahabar.com/Zepi

apahabar.com, MARTAPURA – Haul Abah Guru Sekumpul -KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani- ke 14 masih tiga bulan lagi, namun antusias masyarakat Kalimantan Selatan sudah terlihat. Bantuan kayu bakar mulai berdatangan.

Tiga truk kayu bakar, Kamis (13/12) sore sudah sampai di Dapur Umum, Gang Taufiq, Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar.

“Kayu Bakar ini bantuan warga Margasari Tapin dan warga Pengaron. Totalnya sekitar tiga truk yang sudah datang di tempat kami,” ujar salah seorang kordinator relawan Dapur Umum Gang Taufiq, Martapura, Husai.

Menurut Husai, seperti tahun-tahun sebelumnya, bantuan mulai berdatangan di tiga bulan sebelum hari Haul Abah Guru Sekumpul. Puncak bantuan, akan datang pada dua bulan sampai setengah bulan, sebelum acara haul.

“Tahun kemarin, bantuan kayu bakar sampai 55 truk. Biasanya selain Margasari dan Pengaron, bantuan datang dari warga Karang Intan, Cempaka, Bati-Bati, dan Tanah Laut. Ada juga bantuan arang dari Landasan Ulin, Banjarbaru,” ungkapnya.

Husai menjelaskan, selain bantuan kayu bakar dan arang, pihaknya juga biasanya menerima bantuan, beras, bumbu, kertas nasi, plastik, kambing sampai dengan sapi. Bahkan jumlahnya tidak sedikit, untuk sapi saja sampai 30 ekor lebih di Haul ke 13 tahun 2018 kemarin. Bantuan ini dari masyarakat Kalimantan Selatan dan lainnya.

“Kami menerima saja bantuan dari siapa pun, asal jangan besponsor saja. Karena sudah menjadi amanat Abah Guru Sekumpul.”

Sampai saat ini, pihaknya belum mengetahui ditetapkannya tanggal Haul Abah Guru Sekumpul. Karena masih menunggu keputusan dari dua anak beliau; Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali serta imam langgar Ar Raudah Sekumpul, Guru Sa’duddin.

“Tapi biasanya jatuh pada tanggal 5 Rajab, atau sekitar bulan Maret 2019 nanti. Tapi kami masih menunggu rapat nanti,” pungkasnya.

Reporter : Zepi Al Ayubi

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Sediakan Rp59 Triliun, Organisasi di UEA Siap Bantu Masjid Dunia
apahabar.com

Habar

Darurat Covid-19 Kalsel dan Seruan Baca Ratibul Haddad, Simak Keutamaannya
apahabar.com

Religi

Kewajiban Suami untuk Keluarga Terangkum di 3 Hal Ini
apahabar.com

Habar

Cerita KH. Herman Hasyim, Sulitnya Nyantri di Zaman Penjajahan
apahabar.com

Habar

Sesali Perang Badar, Anas bin Nadhar Jemput Syahid di Perang Uhud

Religi

VIDEO: Mengenang Abah Guru Sekumpul (2), Berganti Nama Karena Sebuah Isyarat
apahabar.com

Religi

Mengenang Sosok Ulama Sepuh HSS Guru Pahampangan yang Kini Telah Tiada
apahabar.com

Hikmah

Jelang Wafat, Khalifah Umar bin Abdul Aziz Menangisi ‘Jabatannya’
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com