Tenang, Gempa Magnitudo 4,3 di Bulukumba Tidak Berpotensi Tsunami Sehari Jelang Ramadan, Puluhan Pasangan Bukan Suami Istri Terciduk di Hotel Banjarmasin Malam Tarawih Perdana, Jago Merah Amuk Rumah di Sungai Tabuk Bola Panas Dugaan Pemalsuan Dokumen Suara Pilgub Kalsel, dan Bagaimana Pengaruhnya ke Putusan MK Bripka Mashuddin Ditemukan Tak Bernyawa, Buronannya Masih Misterius

Haul Abah Guru Sekumpul Tiga Bulan lagi, Bantuan Sudah Berdatangan

- Apahabar.com Kamis, 13 Desember 2018 - 19:00 WIB

Haul Abah Guru Sekumpul Tiga Bulan lagi, Bantuan  Sudah Berdatangan

MENGGUNUNG - Kayu bakar bantuan dari masyarakat Margasari Tapin dan Pengaron Banjar, terlihat menggunung di Dapur Umum Haul Abah Guru Sekumpul, Gang Taufiq Martapura. Foto-apahabar.com/Zepi

apahabar.com, MARTAPURA – Haul Abah Guru Sekumpul -KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani- ke 14 masih tiga bulan lagi, namun antusias masyarakat Kalimantan Selatan sudah terlihat. Bantuan kayu bakar mulai berdatangan.

Tiga truk kayu bakar, Kamis (13/12) sore sudah sampai di Dapur Umum, Gang Taufiq, Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar.

“Kayu Bakar ini bantuan warga Margasari Tapin dan warga Pengaron. Totalnya sekitar tiga truk yang sudah datang di tempat kami,” ujar salah seorang kordinator relawan Dapur Umum Gang Taufiq, Martapura, Husai.

Menurut Husai, seperti tahun-tahun sebelumnya, bantuan mulai berdatangan di tiga bulan sebelum hari Haul Abah Guru Sekumpul. Puncak bantuan, akan datang pada dua bulan sampai setengah bulan, sebelum acara haul.

“Tahun kemarin, bantuan kayu bakar sampai 55 truk. Biasanya selain Margasari dan Pengaron, bantuan datang dari warga Karang Intan, Cempaka, Bati-Bati, dan Tanah Laut. Ada juga bantuan arang dari Landasan Ulin, Banjarbaru,” ungkapnya.

Husai menjelaskan, selain bantuan kayu bakar dan arang, pihaknya juga biasanya menerima bantuan, beras, bumbu, kertas nasi, plastik, kambing sampai dengan sapi. Bahkan jumlahnya tidak sedikit, untuk sapi saja sampai 30 ekor lebih di Haul ke 13 tahun 2018 kemarin. Bantuan ini dari masyarakat Kalimantan Selatan dan lainnya.

“Kami menerima saja bantuan dari siapa pun, asal jangan besponsor saja. Karena sudah menjadi amanat Abah Guru Sekumpul.”

Sampai saat ini, pihaknya belum mengetahui ditetapkannya tanggal Haul Abah Guru Sekumpul. Karena masih menunggu keputusan dari dua anak beliau; Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali serta imam langgar Ar Raudah Sekumpul, Guru Sa’duddin.

“Tapi biasanya jatuh pada tanggal 5 Rajab, atau sekitar bulan Maret 2019 nanti. Tapi kami masih menunggu rapat nanti,” pungkasnya.

Reporter : Zepi Al Ayubi

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Saudi Batasi Usia Jemaah, Komnas Haji dan Umrah Sarankan Dua Opsi Keberangkatan
Umar

Hikmah

Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian
apahabar.com

Habar

Wapres Kiai Ma’ruf Dorong Fatwa Haram Mudik di Saat Wabah
apahabar.com

Religi

Persekongkolan Bani Israil dan Iblis Ketika Membunuh Nabi Zakariya AS
apahabar.com

Religi

Jangan Lupa Cek Kesehatan Hati
apahabar.com

Habar

Rancang Pembukaan Umrah, Saudi Bentuk Komite Baru
apahabar.com

Habar

Masjid Al Karomah Masih Gelar Salat Jumat, Ketua MUI Banjar Beri Tanggapan
apahabar.com

Religi

Dulu Panas Dengar Adzan, Natalia Kini Adem Jadi Mualaf
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com