Sidang Pembuktian AnandaMu, Koordinator Banjarmasin-Baiman 2 Beri Kesaksian Kecelakaan Tunggal di Tol Mantewe Tanbu, Dua Orang Tewas Buntut Pembongkaran, Satgas Normalisasi Sungai Banjarmasin Kena Gugat Beredar Transkrip PPK Banjar Terima Rp10 Juta, Kordiv Bawaslu Terkejut Tak Cuma Wali Rakyat, Wali Kota Banjarmasin Juga Minta Mobdin Baru!

Khutbah dan Nasihat Terakhir Umar Bin Abdul Aziz untuk Umat

- Apahabar.com Minggu, 13 Oktober 2019 - 06:00 WIB

Khutbah dan Nasihat Terakhir Umar Bin Abdul Aziz untuk Umat

Ilustrasi berdoa. Foto – U-Report

apahabar.com, JAKARTA – Khalifah Dinasti Umayyah, Umar bin Abdul Aziz dikenal kerap menyampaikan nasihat kepada kaum Muslimin. Dia mengingatkan kepada umat jika semua manusia akan mati. Kita pun akan dibangkitkan dan mengalami penghisaban akan amal perbuatan.

Tak heran, di dalam khutbahnya yang lain, Umar berwasiat dunia ini bukanlah tempat yang kekal. Namun, ia telah ditetapkan oleh Allah untuk fana. Para penghuninya pun akan meninggalkannya. Berapa banyak bangunan yang megah dan kokoh kemudian hancur lebur?

Berapa banyak orang yang hidup tak lama di dunia kemudian meninggalkannya? Oleh karena itu, Umar berpesan agar kita memperbaiki diri sebelum meninggalkan dunia dengan segala kemampuan kita.

Umar bin Abdul Aziz menyampaikan khutbah terakhirnya di Khansirah. Amirul Mukminin menyampaikan, khutbah yang tak pernah diucapkan lagi hingga dia wafat.

Setelah bertahmid dan menyampaikan puji-pujian kepada Allah SWT, Umar berkata, “Wahai manusia… Kalian tidak diciptakan tidak untuk kesia-siaan dan tak dibiarkan sia-sia. Karena, kalian akan menghadapi hari pembangkitan yang padanya Allah SWT akan menghukumkan perkara antara kalian. Maka, rugilah bagi orang yang keluar dari kasih sayang Allah yang kasih sayang-Nya meliputi segala hal, dan tak mendapatkan surga yang luasnya se luas langit dan bumi.”

“Dan, ketahuilah bahwa keamanan pa da hari esok di akhirat adalah bagi orang yang takut kepada Rabb-nya. Yang menjual dunia yang sedikit untuk mendapatkan dunia yang banyak. Dan, menukar dunia yang fana dengan akhirat yang kekal. Apakah kalian tak melihat bahwa kalian semua akan binasa dan kalian akan digantikan oleh orang lain, seperti itulah hingga kalian kembali menghadap Allah SWT. Sementara, kalian setiap hari pergi ke sana-kemari, yang pada akhirnya kembali kepada Allah SWT. Menemui ajalnya dan selanjutnya dikubur dalam perut bumi.”

Baca Juga: Beri Kuliah di IAID Martapura, Rektor Al Ahgaff: Islam Harus Unggul

Baca Juga: Jelang Haul Datuk Abdusshamad Bakumpai, Penyeru Islam Di Pesisir Sungai Barito

Sumber: Republika.co.id
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Didaulat Jadi Ketua MUI Banjar, Guru Muhammad Husin Soroti Muallaf di Paramasan
apahabar.com

Habar

Saudi Hentikan Ibadah Umrah Sementara, Bagaimana dengan Haji?
apahabar.com

Religi

Innalillah, Kiai NU Wafat Tak Lama Usai Tuntun Istri Baca Syahadat Sakratulmaut
apahabar.com

Religi

Pembangunan Masjid Syuhada Paringin Diiringi Salawat
Umar

Hikmah

Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian
Pendeta Nasrani

Religi

Pendeta Nasrani Melihat Ada yang berbeda dari Sosok Nabi SAW Ketika Kecil
apahabar.com

Habar

Salat Ied Massal Saat Pandemi, Wapres: Tidak Sesuai Prinsip Islam
apahabar.com

Habar

Lebaran di Tengah Pandemi, MUI Imbau Halal Bihalal Via Online
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com