Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Dahsyatnya Hikmah Salat Dhuha, Dilancarkan Rezeki hingga…

- Apahabar.com Sabtu, 27 Juni 2020 - 12:43 WIB

Dahsyatnya Hikmah Salat Dhuha, Dilancarkan Rezeki hingga…

Ilustrasi salat. Foto-Stutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Salat Dhuha adalah salat sunah yang dikerjakan pada waktu dhuha yakni setelah matahari terbit hingga sebelum tergelincir. Dikerjakan sekurang-kurangnya dua rakaat.

Salat Dhuha memiliki banyak sekali keutamaan, salah satunya bisa dimudahkan segala urusan dan dicukupkan segala kebutuhan serta rezeki oleh Allah SWT.

1. Mudah Rezeki

Ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW, yang artinya:

“Wahai anak Adam, rukuklah (salatlah) karena Aku pada awal siang (Salat Dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan) mu sampai sore hari”. (H.R. Tirmidzi).

2. Sedekah

Salat Dhuha juga memiliki hikmah sebagai sedekah. Seperti hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

“Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih merupakan sedekah, setiap tahmid merupakan sedekah, setiap tahlil merupakan sedekah, setiap takbir merupakan sedekah, menyuruh kebaikan merupakan sedekah, dan mencegah kemungkaran merupakan sedekah. Dan semua itu bisa disetarakan dengan mengerjakan Salat Dhuha dua rakaat”. (H.R Muslim dari Abu Dzar).

3. Amal akhirat

Salat sunah ini juga sebagai tabungan amal kelak di akhirat nanti.
Rasulullah SAW bersabda;

“Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah sholatnya. Jika benar (salatnya) maka ia telah lulus dan beruntung, dan jika rusak (salatnya) maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada sholat wajibnya, maka Allah berfirman,

‘Perhatikanlah, jikalau hamba Ku memiliki sholat sunah maka sempurnakanlah dengan sholat sunahnya sekadar apa yang menjadi kekurangan pada salat wajibnya. Jika selesai urusan sholat, barulah amalan lainnya.” (H.R. Ash habus Sunan dari Abu Hurairah RA).

Pendakwah Ustadz Dhanu mengatakan Salat Dhuha harus dikerjakan secara istikamah atau konsisten agar bisa diperoleh segala keutamaannya seperti dimudahkan segala urusan dan diberikan rezeki melimpah.

“Jangan pas lagi ada butuhnya baru Salat Dhuha, itu jangan. Jadi ketika kondisi kita itu tidak apa-apa biasa saja, tidak sedang ada keinginan salat saja dhuha dua rakaat. Selesai. Tapi Jangan ada niatan ada keinginan karena sholat dhuha itu bisa menjadikan kemudahan-kemudahan setiap harinya oleh Allah,” katanya.

Meski ada hikmah dilancarkan rezeki, Ustadz Dhanu mengingatkan, agar sebaiknya Salat Dhuha dikerjakan jangan semata agar dapat rezeki, tapi harus ikhlas sebagai ibadah kepada Allah.

“Jangan sampai salat dhuha itu untuk rezeki, Jangan. Karena rezeki itu banyak, jangan dari sisi harta saja maksud saya, tapi bisa bentuk kesehatan, keluarga bahagia, ini rezeki. Ujian juga,” ujarnya. (Okz)

Editor: Syarif

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Salat Jumat Ditiadakan, Masjid di Martapura Ini Masih Menggelar ‘Diam-diam’
apahabar.com

Habar

Siap Dipamerkan, Pemilik Artefak Rasulullah Datang Langsung ke Martapura

Habar

Arab Saudi Beri Indonesia Kuota 1.000 Jemaah Umrah Per Hari
apahabar.com

Ceramah

Cerita Gus Baha: Kebanggaan Merawat Orang Tua
apahabar.com

Religi

Tajamnya Firasat Guru Husin Ali, Penerbangan Pesawat Ditunda
apahabar.com

Hikmah

Langkah Menuju Tobat yang Mengantarkan Pembunuh ke Surga
apahabar.com

Habar

Imbas Corona, Haul Ke-214 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Ditiadakan
apahabar.com

Religi

5 Cara Mengendalikan Hawa Nafsu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com