Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Nasib Matahari di Hari Kiamat dan Pintu Tobat Ditutup

- Apahabar.com Sabtu, 27 Juni 2020 - 05:15 WIB

Nasib Matahari di Hari Kiamat dan Pintu Tobat Ditutup

Ilustrasi. Foto-NASA

apahabar.com, JAKARTA – Salah satu tanda kiamat telah datang, matahari terbit dari arah barat. Pada hari itu semua umat manusia akan beriman, meski buku amal ibadah telah selesai, dan pintu tobat pun ditutup rapat.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

“Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum matahari tebit dari barat. Jika ia telah terbit dari barat dan semua umat manusia melihatnya, mereka menjadi beriman semuanya. Pada saat itu, iman seseorang tidak ada manfaatnya jika sebelumnya ia tidak beriman atau tidak mendapat dari kebaikan imannya itu.” (HR. Muslim).

Dikutip dari buku pintar ‘Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah’, karya Dr. Nadiah Thayyarah menjelaskan, terbitnya matahari dari barat merupakan bagian dari mukjizat yang diturunkan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Selain itu studi astronomi menyebutkan, jika ketika di suatu hari matahari terbit dari barat, maka itu bukanlah hal yang mustahil.

Rotasi bumi pada porosnya akan menyebabkan pergantian malam dan siang. Jika tidak ada rotasi, maka tidak akan ada malam maupun siang. Di separuh bagian bumi yang menghadap matahari terdapat cahaya siang, sementara sebagian yang lainnya terdapat malam dan kegelapan.

Allah Ta’ala berfirman: (A lam tara annallāha yụlijul-laila fin-nahāri wa yụlijun-nahāra fil-laili wa sakhkharasy-syamsa wal-qamara kullui yajrī ilā ajalim musammaw wa annallāha bimā ta’malụna khabīr).

Artinya: “Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Luqman: 29).

Para pakar astronomi mengatakan, suatu saat nanti perlambatan kecepatan rotasi bumi pada porosnya akan sampai di suatu titik. Di mana bumi akan mengubah arah putarannya.

Bumi akan berputar dari timur ke barat, sehingga matahari akan tampak terbit dari barat dan terbenam di timur. Hal tersebut sangat selaras dengan apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam tentang tanda-tanda akan terjadinya hari kiamat.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sungguh, hari kiamat tidak akan terjadi sebelum kalian melihat 10 tanda-tandanya. Tanda–tanda itu ialah asap, Dajjal, binatang melata, terbitnya matahari dari barat, turunnya Nabi Isa ibn Maryam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga buah gerhana (yaitu gerhana di timur, gerhana di barat, dan gerhana di jazirah Arab), keluarnya api dari Yaman, dan manusia digiring menuju mahsyar mereka,” (HR. Muslim).

Kemudian, para ilmuwan berhasil mendapatkan kesimpulan yang mencengangkan. Hal ini karena penggunaan ilmu baru yang dinamakan dengan dendrokronologi, yaitu ilmu untuk menentukan waktu melalui tumbuh-tumbuhan. (okz)

Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Ketika Pahala Zikir Setimpal dengan Haji, Umrah, dan Jihad
apahabar.com

Ceramah

Nabi Adam AS Pernah Tertipu dengan Kebohongan Atas Nama Tuhan
apahabar.com

Religi

Inilah Ulama Andalan Kalsel di “Muktamar Nasional” Tempo Dulu
apahabar.com

Hikmah

Pelajaran Berharga Dari Sang Wali Allah Habib Basirih
apahabar.com

Habar

Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul, Lapangan Murjani Disulap Jadi Tempat Parkir dan Salat
apahabar.com

Habar

Apresiasi Upaya Pemerintah Cegah Covid-19, Ini Pesan Guru Zuhdi
apahabar.com

Habar

Peringatan Maulid Nabi di Balangan; Habib Syakir Al Baar Tekankan Pentingnya Persatuan Umat
apahabar.com

Religi

Khawarij Berencana Bunuh 3 Sahabat Nabi, Hanya Ali yang Terpenuhi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com