Update Pemakaman Istri Guru Ijai: Sekumpul Lengang, Polisi Berjaga di Puluhan Titik Banjarmasin PPKM Berjilid-jilid: Prokes Malah Jeblok, Kematian Pecah Rekor! Ditegur Saat Minum Miras, Dua Pemuda Banjar Bacok Pria di Banjarmasin Timur Hoaks Jenazah Covid-19 di Banjarbaru Diburu Polisi, Kadinkes Doakan Pelaku Insyaf “Kalsel Lagi Sakit”, Aktivis Lingkungan Beri Catatan Kritis ke BirinMU

Kejujuran dan Sabda Rasul tentang Detak Jantung

- Apahabar.com     Sabtu, 4 Juli 2020 - 05:00 WITA

Kejujuran dan Sabda Rasul tentang Detak Jantung

Ilustrasi. Foto-Freepik

apahabar.com, JAKARTA- Sejatinya kejujuran adalah hal terpenting yang mesti dimiliki manusia. Sebab dengan kejujuran, hidup seorang Muslim bakal menjadi lebih berarti dan memberikan keberkahan.

“Setiap perkataan anak Adam itu memberatkan dirinya dan tidak menguntungkan bagi dirinya, kecuali perintah atas kebaikan, mencegah manusia berbuat kemungkaran, dan zikir mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala,” jelas Habib Muhammad Al Habsyi.

Ia menerangkan, bentuk dari mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala sangatlah banyak. Menyebut kebesaran Allah Ta’ala, kebesaran Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, hingga membahas tentang ilmu adalah bagian mengingat Allah Ta’ala.

Habib Muhammad Al Habsyi menuturkan, zikir bukan hanya perkara wirid, namun bagi mereka yang sedang belajar dan mempelajari ilmu sama halnya dengan berzikir, karena ilmu adalah syariat. Orang berzikir tanpa tahu ilmunya akan tidak maksimal.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, melalui riwayat Abdullah bin Mas’ud, sesungguhnya kejujuran mengarahkan dirinya pada kebaikan, dan kebaikan akan membawa kepada surga. Sesungguhnya berbohong menjadikan orang melakukan keburukan dan keburukan akan mengarahkan menuju neraka.

“Jangan sekali-kali mencari teman, menantu, dan pasangan yang berbohong,” ujar Habib Muhammad Al Habsyi.

Sikap jujur mendatangkan banyak keberkahan dan kebaikan dalam hidup. Bahkan dalam sebuah kisah dijelaskan, seorang gubernur di masa Umayyah bernama Hajjah bin Yusuf bertemu dengan seseorang yang menasihati ketika dirinya sedang berpidato di depan rakyatnya.
Orang tersebut kemudian diancam oleh gubernur dan menjawab, “Saya tidak gila, jadi silakan bunuh saya. Yang penting saya sudah jujur.”

Kalimat tersebut yang akhirnya menjadikan sang gubernur membebaskan orang itu.

Imam Al Qurtuby berpesan dalam Kitab Fathul Illah, ia mengatakan, “Hendaknya kita melazimi jujur ketika berbicara, ikhlas ketika berbuat, dan jernih dalam keadaan jiwa. Barang siapa yang seperti itu ia akan menyusul menuju orang-orang yang abror dan mendapatkan keridoan dari Al Ghoffar, Allah Subhanahu wa ta’ala.”

Diriwayatkan dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Tinggalkan yang membuatmu ragu dan ambillah yang tidak membuatmu ragu.” Kemudian seorang sahabat bertanya, “Bagaimana saya mengetahui bahwa itu meragukan atau tidak, ya Rasul?” Rasul bersabda, “Kalau kau hendak melakukan sesuatu, letakkan tanganmu di dadaku. Sesungguhnya jantung akan berdetak tidak tenang ketika mendekati sesuatu yang haram dan akan merasakan ketenangan ketika mendekati sesuatu yang halal.”

Dalam aktivitas sosial seperti berdagang, sikap jujur sangatlah penting. Dua orang yang melakukan transaksi jual-beli, kemudian memiliki khiyar, apabila keduanya jujur maka jual-beli tersebut diberkahi Allah Subhanahu wa ta’ala. Namun jika salah satunya berdusta dan menutupi aib barang dagangannya, maka akan hilang keberkahan dalam transaksi tersebut. (okz)

Editor: Syarif

Editor: Uploader - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

4 Jenis Air dan Hukum Fikihnya untuk Bersuci dalam Islam

Religi

Hadirkan Pakar Hadis dari Hadhramaut, LDNU Banjar Ajak Peserta Dauroh Mengenal Rasulullah Lebih Dekat
apahabar.com

Religi

Cerita Masuk Islamnya Jin di Zaman Nabi SAW

Habar

MUI Jatim Jelaskan Mengapa Vaksin Astrazeneca Tidak Haram
Desa Tungkaran Sediakan 50 Kilo Bubur untuk Tamu Haul Guru Sekumpul ke 15

Habar

Desa Tungkaran Sediakan 50 Kilo Bubur untuk Tamu Haul Guru Sekumpul ke 15
apahabar.com

Hikmah

Akhlak Imam Hanafi dan Imam Malik Ketika Ditanya Siapa yang Lebih Utama
apahabar.com

Habar

Arab Saudi Pasang Kamera Termal, Siap Pantau Jemaah Umrah
apahabar.com

Religi

Kisah Wali Allah di Banua, Makam Datu Nuraya Disebut Terpanjang di Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com