Sehari Jelang Ramadan, Puluhan Pasangan Bukan Suami Istri Terciduk di Hotel Banjarmasin Malam Tarawih Perdana, Jago Merah Amuk Rumah di Sungai Tabuk Bola Panas Dugaan Pemalsuan Dokumen Suara Pilgub Kalsel, dan Bagaimana Pengaruhnya ke Putusan MK Bripka Mashuddin Ditemukan Tak Bernyawa, Buronannya Masih Misterius Penyidikan Pemalsuan Dokumen Suara Pilgub Kalsel, Komisioner KPU Banjar Kembali Diperiksa

Mari Mengenal Sumber-Sumber Pendapatan Rasulullah

- Apahabar.com Sabtu, 18 Juli 2020 - 06:00 WIB

Mari Mengenal Sumber-Sumber Pendapatan Rasulullah

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Rasulullah SAW jadi teladan di berbagai aspek kehidupan. Tak terkecuali dari aspek dalam mendapatkan dan mengelola ekonomi sehingga beliau dikenal sebagai pribadi yang kaya baik secara hati dan finansial. Lantas dari mana saja sumber-sumber pendapatan Rasulullah?

Dalam buku Harta Nabi karya Abdul Fattah As-Saman dijabarkan tentang sumber-sumber pendapatan Rasulullah SAW. Sebagaimana dikenal dalam berbagai kitab-kitab sirah Nabi, Rasulullah sedari kecil memang menggeluti dunia perdagangan. Beliau juga kerap menggembala domba.

Adapun dalam kiprah beliau mencari sumber-sumber pendapatan, Rasululullah melakukan perniagaan. Kedua, Rasulullah melanjutkan profesi sebagai pedagang meski telah diangkat menjadi Rasul. Ketiga, warisan Rasulullah dari kedua orang tuanya, dan keempat warisan dari Khadijah (bukan berarti Rasulullah menikahi Khadijah tanpa membawa harta kekayaan).

Adapun sumber pendapatan kelima adalah dari al-anfal (harta bergerak) dan ghanimah (harta rampasan perang), hingga tanah.

Kelima, yakni berasal dari fa’i (yaitu segala harta kekayaan orang-orang kafir yang dikuasai oleh kaum Muslimin tanpa peperangan). Keenam, berasal dari ash-shafi (kewenangan Rasulullah menyeleksi ghanimah sebelum pembagian).

Ketujuh, berasal dari hadiah-hadiah dari para penguasa, sahabat, dan pihak-pihak lainnya. Kedelapan, berasal dari bagian Rasulullah sebagai mujahid. Kesembilan, karakteristik Rasulullah dalam rezeki misalnya tentang bagaimana mukjizat-mukjizat yang berkaitan dengan makanan dan minuman serta mukjizat bagaimana Rasulullah dapat mengenyangkan orang lain tanpa makan.

Kesepuluh, sumber-sumber pendapatan Rasulullah yang tidak beliau manfaatkan. Di antara sumber-sumber pendapatan yang belum beliau manfaatkan adalah gunung emas. Tak hanya itu, menjelang wafat, Rasulullah SAW mendapat tawaran untuk memegang kunci-kunci gudang dunia dan keabadian. (rep)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Mengenang Abah Guru Sekumpul (19), Teladan Bagi Orang yang Kaya
apahabar.com

Hikmah

Kisah Batu yang Membawa Lari Baju Nabi Musa AS
apahabar.com

Religi

Sains Buktikan Kebenaran Alquran
Zaman

Religi

Fenomena Akhir Zaman yang Disebut Rasulullah SAW
apahabar.com

Habar

Jemaah Shalat Jumat di Masjid Nabawi Membludak
apahabar.com

Religi

Syekh Nafis Al Banjari, Karyanya Lebih Populer dari Makamnya
apahabar.com

Ceramah

Menyoal Salat Ied Massal, Ustaz Khairullah: Jangan Mengundang Mudharat
apahabar.com

Habar

Kisah Kedermawanan Sayidina Hasan RA
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com