Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Cerita Masuk Islamnya Jin di Zaman Nabi SAW

- Apahabar.com Selasa, 25 Agustus 2020 - 08:30 WIB

Cerita Masuk Islamnya Jin di Zaman Nabi SAW

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Jin termasuk di antara makhluk Allah yang telah diciptakan dengan kewajiban menjalankan syariat-Nya. Di antara merekamasuk Islam di zaman Rasulullah SAW.

Syekh Abdul Mun’im Ibrahim dalam bukunya Ma Qabla Khalqi Adam dan diterjemahkan dengan judul “Adakah Makhluk Sebelum Adam? Menyingkap Misteri Awal Kehidupan” membeberkan beberapa hal tentang keberadaan jin.

Dalam Alquran ditegaskan, ”Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi (beribadah) kepada-Ku.” (QS Adz-Dzaariyat: 56).
Allah menciptakan jin dari api yang menyala (marij), dan ia adalah ujung api yang berkobar. Marij adalah kobaran api yang bercampur dengan api hitam (sangat panas, as-samuum). Lihat al-Hijr : 27, ar-Rahman: 15.

Dalam Syaamil Al-Qur’an disebutkan, keislaman para jin ini dan diabadikannya kisah mereka itu dalam Al-Qur’an (QS 46: 29-32, dan QS 72: 1-2), adalah sebagai bentuk penghinaan dan celaan terhadap kaum Quraisy dan bangsa Arab yang terlalu lambat dalam mengimani risalah Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Ayat ini juga menunjukkan kepada umat manusia, bahwa jin yang diciptakan Allah dari api pun bisa menerima kebenaran Al-qur’an dan Islam. Sementara, manusia yang diciptakan Allah dari tanah dan diberi kelebihan berupa akal, ternyata belum sepenuhnya menerima Islam. Seharusnya, mereka berkaca dari keterangan ayat ini.
Dalam Asbab an-Nuzul disebutkan, sebab-sebab diturunkannya surah al-Ahqaaf ayat 29-32. Diriwayatkan dari Ibnu Abi Syaibah dari Ibnu Mas’ud. Ketika Rasulullah

SAW sedang membaca ayat-ayat Alquran, ada beberapa jin (sejumlah riwayat menyebutkan jumlahnya sembilan dan sebagian lain menyebutkan tujuh), yang turut mendengarkan bacaan Al-Qur’an dari Rasulullah SAW. Kemudian, salah satu dari jin itu mengingatkan teman-temannya, ”Diamlah, perhatikan bacaannya.” Sesudah itu mereka kembali kepada kaumnya untuk mengingatkan mereka pada jalan yang benar.

Mengenai surah al-Jin ayat 1-2, sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwasanya sekumpulan jin mendengarkan Rasulullah SAW membaca Al-Qur’an ketika sedang mendirikan salat Subuh bersama para sahabat. Kemudian, seusai salat, Rasul menceritakan hal itu kepada para sahabatnya mengenai turunnya ayat 1-2 surah al-Jin tersebut.

Ibnu Mas’ud menyatakan, dirinya ikut menyaksikan malam turunnya ayat Jin ini. Rasulullah SAW bersabda, ”Aku didatangi juru dakwah dari kalangan jin. Lalu kami pergi bersamanya, dan aku bacakan Al-Qur’an kepada mereka.”

Dalam riwayat sahih dijelaskan bahwa golongan jin telah mendengarkan Nabi Muhammad SAW pada saat sedang salat dengan para sahabatnya dan membaca Al-Qur’an dengan lantunan suara yang mendorong para jin bergerak menuju ke haribaan-Nya.

Setelah mereka mendengarkannya dengan sungguh-sungguh dan memahami hakikat Kalamullah, mereka segera bertolak dan bergerak menuju kaumnya untuk memberi kabar gembira dan mengajarkan apa-apa yang telah mereka pahami dan dengarkan dari Rasulullah SAW.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

PCNU Kabupaten Banjar Bentuk “Gerakan Sedekah Tolak Bala”, Ketua: Demi Kemanfaatan Bersama
apahabar.com

Sirah

Mengenang Tuan Guru Zainal Ilmi (1); Menegur Kekhilafan dengan Pandangan Batin
apahabar.com

Religi

40 Unit Toko Digratiskan untuk Haul Sekumpul, Catat Alamatnya
Khalifah

Religi

Keberanian Cucu Khalifah Umar di Hadapan Pemimpin Kejam
apahabar.com

Religi

Haul Guru Sekumpul, Puluhan Sekolah Diliburkan
apahabar.com

Sirah

Hendak Menikah? Kenali Dulu 2 Jenis Mahar dalam Islam
apahabar.com

Religi

Di Sini Rasulullah Salat Idul Fitri
apahabar.com

Religi

Ikuti Jejak Rasulullah, Tidak Bernapas di Gelas Saat Minum
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com