Cuaca Kalsel Hari Ini, 11 Wilayah Waspada Hujan Disertai Petir Respons BirinMu, Eks KPK dan HW Cs Jadi Panglima Gugatan II H2D di MK Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif

Khalifah Pertama yang Mundur dari Jabatannya

- Apahabar.com Rabu, 5 Agustus 2020 - 11:27 WIB

Khalifah Pertama yang Mundur dari Jabatannya

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Pasca meninggalnya Yazid bin Muawiyah pada tahun 64 Hijriyah atau 683 M, posisi kehalifahan Bani Umayyah jatuh kepada anaknya yang bernama sama dengan sang ayah, yakni Umayyah pendiri Daulat Bani Umayyah.

Tak lama mengemban amanah menjadi khalifah Umayyah II menyatakan mengundurkan diri.

Dia berkata di hadapan kaum Muslimin saat itu, “Wahai manusia, saya mengakui terus terang bahwa saya tidak sanggup memegang pekerjaan ini,” kata Muawiyah II seperti dikutip dari buku Sejarah Umat Islam yang ditulis oleh Buya Hamka.

Menurut Muawiyah II, pekerjaan menjadi khalifah tidak menguntungkan dirinya selagi hidup di dunia. Begitu juga ketika meninggal, pekerjaan sebagai khalifah menurutnya tidak menjadi amal yang dibawa mati.

“Dialah khalifah pertama yang meletakkan jabatan,” tulis Buya Hamka.

Sedangkan dikutip dari buku Sejarah Para Khalifah karya Hepi Andi Bastoni disebutkan, setelah menyatakan pengunduran dirinya, para pemuka istana dan tokoh keluarga Bani Umayyah memintanya untuk menunjuk seorang pengganti.

Namun, dengan tegas Muawiyah II berkata, “Aku bukan seperti Abu Bakar yang mampu menunjuk seorang pengganti. Aku belum menemukan seorang pun di antara kalian yang mempunyai keutamaan seperti Umar bin Al-Khathab. Aku juga bukan seperti Umar yang bisa menunjuk Ahli Syura. Kalian lebih tahu dan pilihlah orang yang kalian kehendaki.”

Sejak saat itu, Muawiyah bin Yazid menyerahkan hidupnya hanya untuk beribadah dengan uzlah (mengasingkan diri). Menjelang pengujung tahun 64 H/684 Masehi, ia meninggal dunia dalam usia masih belia, 23 tahun. Akhirnya, setelah dia meletakkan jabatannya itu, jabatan khalifah dipegang oleh Marwan bin Hakam.

Sumber: Republika
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Penginapan Gratis PPS Sekumpul Ludes Dipesan Jemaah
apahabar.com

Habar

Stadion Demang Lehman Siap Tampung Tamu Haul Sekumpul ke 15, Gratis!
apahabar.com

Religi

Filosofi dan Sejarah dan Peristiwa di Bulan Muharram
apahabar.com

Sirah

Ulama ini Dianugerahi Keistimewaan Layaknya Mukjizat Nabi Sulaiman AS
Umat Islam

Hikmah

Terpecah Jadi 73, Hanya 1 Golongan dari Umat Nabi Muhammad yang Selamat
apahabar.com

Religi

Inilah Dua Waktu Mustajab Doa di Hari Jumat
apahabar.com

Habar

Peduli Generasi Milenial, GSN Banjar akan Gelar Refleksi Akhir Tahun di Puncak Kiram
apahabar.com

Ceramah

Salat Melihat Rasul, Bagaimana Praktiknya?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com