Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Sahabat Nabi yang Bergelar ‘Paling Jujur dan Kuat Jiwanya’

- Apahabar.com Selasa, 27 Oktober 2020 - 20:29 WIB

Sahabat Nabi yang Bergelar ‘Paling Jujur dan Kuat Jiwanya’

ilustrasi. Sumber: net

apahabar.com, MADINAH – Sosoknya yang tinggi tegak membuatnya menjadi andalan Pasukan Islam di medan perang. Namun bukan itu yang membuatnya menonjol dari sahabat lain, ia disebut seorang jujur dan kuat jiwanya.

Namanya adalah Abu Ubaidah bin Jarrah RA. Ia menjadi sosok terpercaya karena dinyatakan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana dikisahkan Muhammad ibn Ja’far dalam al-Basya, hal itu bermula ketika utusan Nasrani menemui Rasulullah.

“Wahai Abu Qasim, utuslah seorang sahabat anda agar menjadi penengah kami dalam berbagai masalah harta benda yang kami persengketakan. Sesungguhnya kaum Muslimin mendapatkan kepercayaan dari kami,” kata utusan itu.

“Datanglah kembali nanti petang. Aku akan mengutus seorang yang paling jujur dan kuat jiwanya,” jawab Rasulullah.

Mendengar hal itu, Umar bin Khattab berharap dirinya yang bakal ditunjuk. Bukan karena haus jabatan, Umar ingin betul menyandang titel ‘orang yang paling jujur dan kuat jiwanya’. Umar pun datang ke masjid lebih cepat dari pada yang lainya untuk shalat Zhuhur berjamaah yang dimami nabi.

Seusai shalat, nabi melihat ke sekeliling. Umar pun menonjolkan badannya agar bisa dilihat nabi. Umar berharap betul bakal dipilih. Namun, pandangan nabi malah terhenti pada sosok Abu Ubaidah.

Nabi pun memanggil Abu Ubaidah. “Pergilah engkau bersama mereka ini (utusan Nasrani), terangilah perselisihan mereka,” kata nabi.

Sejak saat itu, tulis Ayesha (2017:28), Abu Ubaidah dikenal sebagai kepercayaan umat. Hal itu dipertegas Rasulullah dengan sabdanya, “Setiap umat memiliki orang kepercayaan. Dan kepercayaan umat ini adalah Abu Ubaidah bin Jarrah.”

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Arab Saudi Lakukan Ini Untuk Pembatasan Jarak Jemaah Umrah
apahabar.com

Habar

Imam Masjid Nigeria Diculik Bandit Bersenjata
apahabar,com

Religi

Jelang Haul Abah Guru Sekumpul, Panitia Ungkap Hal yang Dilarang
apahabar.com

Habar

Ceramah di UIN Antasari, Ustadz Khairullah Zain Makin Diminati Kalangan Akademis
apahabar.com

Hikmah

Pesan Rasulullah SAW: Datang Masa Jujur Lebur dan Pendusta Dipuja
apahabar.com

Religi

Masuk Islam Mengaku Tanpa Paksaan, Warga Badui Nyatakan Bahagia Jadi Mualaf
apahabar.com

Religi

Tak Banyak yang Tahu, Datu Sanggul Pernah Menyalurkan Ilmu Melalui Sastra
apahabar.com

Habar

Arab Saudi Minta Umat Islam Bersabar Menunggu Kepastian Haji
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com