Tekan Inflasi, Kalsel Atensi Sistem Supply Chain Bahan Pokok Milan Lockdown, Eh Ibrahimovic Tepergok di Restoran PPKM Mikro Saat Ramadan, ASN di Banjarmasin Diminta Lebih Proaktif Tenang, Gempa Magnitudo 4,3 di Bulukumba Tidak Berpotensi Tsunami Sehari Jelang Ramadan, Puluhan Pasangan Bukan Suami Istri Terciduk di Hotel Banjarmasin

Innalillaah…, 400 Ulama Wafat di Masa Pandemi Covid-19

- Apahabar.com Minggu, 21 Maret 2021 - 17:51 WIB

Innalillaah…, 400 Ulama Wafat di Masa Pandemi Covid-19

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Sekitar 400 ulama wafat selama pandemi Covid-19. Begitu catatan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hingga pekan lalu.

Ketua Satkor Covid-19 RMI PBNU, KH Ulun Nuha mengatakan, para kiai atau ulama bekerja di garis depan. Mereka adalah pahlawan spiritual masyarakat. Pada Ramadan tahun lalu sudah dilalui dengan kesedihan dan kebekuan kegiatan keagamaan. Tentu harapannya Ramadan ini bisa berjalan dengan baik.

“Sampai pekan lalu dalam catatan kami sudah ada 400 ulama yang meninggal dunia selama masa pandemi Covid-19,” kata Kiai Ulun seperti dilansir Republika.co.id, Minggu (21/3).

Ia mengatakan, kalau ulama terus wafat, meninggalkan umat. Tentu yang rugi adalah seluruh bangsa. Sehubungan dengan itu, RMI melihat penting sekali pemerintah memprioritaskan perlindungan terhadap alim ulama. Salah satunya dengan upaya memprioritaskan vaksinasi bagi para alim ulama.

“Sepertinya kalau dari pemerintah pusat, kesadaran dan political will-nya sudah ada (untuk vakinasi ulama dan pesantren), tetapi saya tidak tahu tetapi ketika turun ke daerah provinsi dan kabupaten/ kota kemudian inisiatifnya bisa sangat berbeda-beda,” ujarnya.

Maka dari itu, Kiai Ulun mengimbau dan berhadap dukungan dari dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/ kota untuk memprioritaskan para alim ulama dan keluarga besar pesantren. Supaya mereka segera mendapatkan vaksin Covid-19.

RMI juga menyampaikan bahwa sudah ada laporan dari sejumlah pesantren yang telah mendapat vaksin Covid-19. Tapi masih banyak pesantren yang belum mendapatkan vaksin Covid-19.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Bulan Maulid Tiba, Simak 5 Poin yang Harus Ditaati Warga Tabalong untuk Merayakannya
apahabar.com

Habar

NU Putuskan Awal Rajab Jatuh Selasa Ini
apahabar.com

Habar

Jelang Idul Adha, Belasan Desa di Perbatasan Kotabaru Mendapat Sumbangan Hewan Kurban
apahabar.com

Religi

Tolak Hartawan, Ulama Tabiin Ini Memilih Menantu dari Duda Miskin
makkah

Habar

Layani Pengunjung Wanita di Masjidil Haram, 1.500 Tenaga Kerja Disiapkan
Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan pada 24 April, Lebaran 24 Mei 2020

Habar

Simak Fatwa Muhammadiyah Soal Salat Tenaga Medis Covid-19
apahabar.com

Habar

Update Haul Guru Sekumpul Ke-15, Puluhan Ribu Relawan akan Diterjunkan
apahabar.com

Religi

“Parukunan Jamaluddin” Ternyata Ditulis Ulama Perempuan Berdarah Banjar-Bugis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com