Cuaca Kalsel Hari Ini, 11 Wilayah Waspada Hujan Disertai Petir Respons BirinMu, Eks KPK dan HW Cs Jadi Panglima Gugatan II H2D di MK Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif

Innalillaah…, 400 Ulama Wafat di Masa Pandemi Covid-19

- Apahabar.com Minggu, 21 Maret 2021 - 17:51 WIB

Innalillaah…, 400 Ulama Wafat di Masa Pandemi Covid-19

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Sekitar 400 ulama wafat selama pandemi Covid-19. Begitu catatan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hingga pekan lalu.

Ketua Satkor Covid-19 RMI PBNU, KH Ulun Nuha mengatakan, para kiai atau ulama bekerja di garis depan. Mereka adalah pahlawan spiritual masyarakat. Pada Ramadan tahun lalu sudah dilalui dengan kesedihan dan kebekuan kegiatan keagamaan. Tentu harapannya Ramadan ini bisa berjalan dengan baik.

“Sampai pekan lalu dalam catatan kami sudah ada 400 ulama yang meninggal dunia selama masa pandemi Covid-19,” kata Kiai Ulun seperti dilansir Republika.co.id, Minggu (21/3).

Ia mengatakan, kalau ulama terus wafat, meninggalkan umat. Tentu yang rugi adalah seluruh bangsa. Sehubungan dengan itu, RMI melihat penting sekali pemerintah memprioritaskan perlindungan terhadap alim ulama. Salah satunya dengan upaya memprioritaskan vaksinasi bagi para alim ulama.

“Sepertinya kalau dari pemerintah pusat, kesadaran dan political will-nya sudah ada (untuk vakinasi ulama dan pesantren), tetapi saya tidak tahu tetapi ketika turun ke daerah provinsi dan kabupaten/ kota kemudian inisiatifnya bisa sangat berbeda-beda,” ujarnya.

Maka dari itu, Kiai Ulun mengimbau dan berhadap dukungan dari dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/ kota untuk memprioritaskan para alim ulama dan keluarga besar pesantren. Supaya mereka segera mendapatkan vaksin Covid-19.

RMI juga menyampaikan bahwa sudah ada laporan dari sejumlah pesantren yang telah mendapat vaksin Covid-19. Tapi masih banyak pesantren yang belum mendapatkan vaksin Covid-19.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Umar

Hikmah

Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian
apahabar.com

Habar

Haji 2020 Masih Tanda Tanya, WHO Beri Masukan ke Arab Saudi
apahabar.com

Habar

Mengenang Abah Guru Sekumpul (18), Kisah Sedih saat Menimba Ilmu
apahabar.com

Religi

Haul Abah Guru Sekumpul Tiga Bulan lagi, Bantuan Sudah Berdatangan
apahabar.com

Religi

Sikap Guru Seman Mulya Ketika Kakinya Patah
apahabar.com

Religi

Ikuti Jejak Rasulullah, Tidak Bernapas di Gelas Saat Minum
apahabar.com

Religi

Ketika Bani Hasyim Mendapat Boikot dari Kafir Quraisy
apahabar.com

Religi

Kisah Masuk Islamnya Pemburu Jejak Rasulullah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com