Respons BirinMu, Eks KPK dan HW Cs Jadi Panglima Gugatan II H2D di MK Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang

Nyaris Terbunuh, Berikut Lika-liku Perjalanan Nabi Muhammad ke Madinah

- Apahabar.com Minggu, 23 Mei 2021 - 06:00 WIB

Nyaris Terbunuh, Berikut Lika-liku Perjalanan Nabi Muhammad ke Madinah

Ilustrasi lika-liku perjalanan Nabi Muhammad ke Madinah. Foto-Pixabay

apahabar.com, BANJARMASIN – Perjalanan Nabi Muhammad ke Madinah penuh lika-liku, bahkan nyaris terbunuh.

Pemuda-pemuda Qurasy yang naik gua itu turun lagi. Mereka melihat ada sarang laba-laba di mulut gua. Dan juga ada dua ekor burung dara hutan di lubang gua itu. Mereka yakin tidak ada orang di sana. Jadi mereka tidak perlu memeriksanya lagi. Akhirnya mereka pergi menjauhi gua. (Sejarah Hidup Muhammad, 181)

Kutip apahabar.com dari Republika, tentang peristiwa dalam Gua Tsur itu Allah SWT berfirman:

“Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Makkah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita”. Maka Allah menurunkan ketenangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S. At-Taubah 9: 40)

Ma’iyatullah dalam ayat di atas adalah ma’iyyatullah al-khashah dalam arti dukungan atau pertolongan dari Allah baik dengan cara-cara yang konvensioanal maupun yang inkonvensional. Diyakini laba-laba yang membuat sarang secara cepat di mulut gua dan dua ekor merpati hutan yang bertelur adalah tentara yang kamu tidak melihatnya yang dinyatakan dalam ayat tersebut.

Atau dengan ungkapan lain para malaikat diperintahkan oleh Allah tampil sebagai laba-laba dan burung merpati dengan tugasnya masing-masing dalam rangka menolong Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar agar tidak ditemukan oleh para pemburu beliau berdua.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Destinasi Wisata Arab Saudi, Artefak Ukiran Batu Kuno di Jubbah
apahabar.com

Religi

Dapat Uang Rp75 Juta, Disedekahkan Semua
apahabar.com

Ceramah

Nabi Adam AS Pernah Tertipu dengan Kebohongan Atas Nama Tuhan
apahabar.com

Habar

Pasca Ditutup Akibat Covid-19, Makam Datu Kelampayan Kembali Dipadati Peziarah
apahabar.com

Religi

Pusdai Gelar Disabilitas Mengaji, Catat Rekor Baru
Khalifah

Religi

Keberanian Cucu Khalifah Umar di Hadapan Pemimpin Kejam
apahabar.com

Habar

Penyelenggaraan Haji Belum Diputuskan, Kemenag: Detil Skenario Masih Dikaji
apahabar.com

Religi

Ulama Al Azhar Mesir Kunjungi PBNU
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com